Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebahagiaan Hidup Hanya Bisa Diraih Dengan Amal Shalih

 



Al-‘Allamah Ibnu Hazm rahimahullah berkata,

كل أمل ظفرت به فعقباه حزن إما بذهابه عنك، وإما بذهابك عنه، ولابد من أحد هذين السبيلين، إلا العمل لله، فعقباه على كل حال سرور في عاجل وآجل. أما في العاجل، فقلة الهم بما يهتم به الناس وأما في الآجل فالجنة

“Setiap impian yang berhasil engkau dapatkan pasti akan berakhir dengan kesedihan, bisa dengan menghilangnya ia dari hadapanmu atau engkau yang akan meninggalkannya. Dan mesti terjadi salah satu dari dua kemungkinan ini.

Kecuali amalan yang dilakukan karena Allah, karena balasannya akan berakhir dengan beragam macam bentuk kebahagiaan, baik yang dirasakan langsung (di dunia) atau dirasakan di kemudian hari nanti (di akhirat).

Kebahagiaan yang dapat dirasakan langsung (di dunia) adalah ialah berkurangnya ambisi untuk mengejar perkara dunia yang dikejar oleh manusia. Sedangkan kebahagiaan yang tertunda adalah kenikmatan di Surga". (Rasaʼil Ibnu Hazm jilid: 1/hal. 335)

_______
Mau dapat Ilmu ?
Mari bergabung bersama GROUP MANHAJ SALAF

Group WhatsApp: wa.me/6285174160394

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Posting Komentar untuk "Kebahagiaan Hidup Hanya Bisa Diraih Dengan Amal Shalih"